Sabtu, 31 Maret 2012

Polemik Harga BBM

Salam Mahasiswa!. Sebagian mahasiswa Indonesia menggelar aksi unjuk rasa di berbagai tempat di Indonesia. Para generasi muda ini atas nama rakyat menentang kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) di Indonesia. Pasalnya pemerintah berencana menaikkan harga BBM 1 April ini. Tapi, tidak semua mahasiswa menolak keniakan harga BBM, ada juga mahasiswa yang setuju kenaikan BBM dikarenakan harga minyak dunia memang semakin melambung, jika BBM tidak di naikan Indoensia juga bisa bangkrut karena kebanyakan hutang karena tidak bisa menutupi devisit negara.

Hasil final rapat Paripurna 30 Maret 2012 sekaligus mengesahkan APBN-Perubahan 2012, tercantum pada pasal 7 ayat 6 yang menyebutkan harga jual eceran BBM bersubsidi tidak mengalami kenaikan. Sementara, ayat tambahan yang tercantum dalam pasal 7 ayat 6A berbunyi dalam hal harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) dalam kurun waktu berjalan mengalami kenaikan atau penurunan lebih dari 15 persen dari harga ICP yang diasumsikan dalam APBN-Perubahan 2012, pemerintah berwenang untuk melakukan penyesuaian harga BBM bersubsidi dan kebijakan pendukungnya. Dengan demikian, maka kenaikan harga BBM bersubsidi akan mengalami penundaan karena dalam enam bulan terakhir harga ICP minyak belum mengalami deviasi sebesar 15 persen.

Bagaimana sikap kita sebagai mahasiswa kimia? Menolak atau Menerima? Tergantung pribadi masing-masing, tapi sebagai seorang saintis sebelum kita mengeluarkan pendapat kita harus punya data dan bukti, agar pendapat kita menjadi berbobot dan dapat dipertanggung jawabkan. Seorang saintis tidak terpengaruh oleh orang lain, tapi bagaimana dia bisa melihat kondisi yang benar-benar baik. Berpikirlah Rasional dengan Mencari Solusi. Seperti solusi yang ditawarkan oleh Pak Menteri Dahlan Iskan, daripada dengan buang-buang tenaga untuk berdemo. Intinya, untuk melawan kenaikan harga BBM yang pernah, sedang, dan akan terus terjadi itu, tak ada jalan terbaik kecuali kita musuhi BBM. Kita jadikan BBM musuh kita bersama. Kita demo BBM-nya ramai-ramai, bukan mendemo kenaikannya. Kalau setiap kenaikan BBM didemo, kita hanya akan terampil berdemo. Tapi kalau BBM-nya yang kita musuhi, kita akan lebih kreatif mencari jalan keluar bagi bangsa ini ke depan. Jalan terbaik adalah jangan lagi menggunakan BBM. Kalau kita sudah tidak menggunakan BBM, apa peduli kita pada barang yang juga menjadi penyebab rusaknya lingkungan itu. Kelak, kita bersikap begini: biarkan dia naik terus menggantung sampai setinggi Monas! Kalau kita tidak lagi menggunakannya, mau apa dia!
Nah, kita sebagai mahasiswa kimia harus berfikir rasional dengan mencari solusi dan mengaplikasikannya di dunia nyata.

Siap untuk solusi baru ! SIAPA TAKUT ?


Rabu, 28 Maret 2012

Senin, 19 Maret 2012

Kamis, 15 Maret 2012

Seleksi ON-MIPA

Berdasarkan surat PR III Unmul tanggal 13 Maret 2012, seleksi ON-MIPA dilaksanakan pada:
Hari             : Selasa, 20 Maret 2012
Pukul           : 08.00 s/d selesai
Tempat         : Gedung Bundar Fahutan Unmul
Kami menghimbau kepada mahasiswa MIPA untuk ikut serta berpartisipasi pada kegiatan diatas dan mendaftarkan diri bagi yang berminat ke :
a. Mbak Novi TU Kemahasiswaan MIPA
b. Ibu Rita Daulay Kasubbag Kemahasiswaan MIPA
Paling lambat tanggal 16 Maret 2012
Adapun bidang yang dilombakan adalah :
1. Matematika
2. Kimia
3. Fisika
4. Biologi

Minggu, 11 Maret 2012

Newton Bisa Jatuh Pingsan

 --------- “Wah, hebat ya Newton!. Ia mampu menemukan rumus seperti ini. Kok bisa terfikirkan ya!”, begitu pikirku ketika pertama belajar mekanika.
-----------Hingga sekarang rumus-rumus itu masih sering kita temui di teori-teori mekanika. Kegeniusannya sudah tak perlu diragukan lagi. Kepopulerannya menempatkan ia pada urutan  ke-2 di daftar 100 tokoh paling berpengaruh di dunia (Michael H. Hart) lebih tinggi dari pada Figur-figur agama seperti Nabi Isa, Buddha maupun Kong Hu-chu. Begitu hebatnya ia menempatkan pondasi-pondasi pengetahuan yang kemudian hari ternyata mampu merubah hegemoni pengetahuan.
-----------Ada juga Archimedes, filusuf sekaligus ilmuwan yang hidup abad 200an SM ini banyak menciptakan konsep-konsep matematika berikut teori terapan seperti hidrostatika. “eureka”, kata yang sering kita dengar itu juga berasal dari lisannya. Dan banyak lagi tokoh-tokoh hebat yang membuat kita melongo, berdecak kagum atas kehebatan-kehebatan penemuannya. Hingga terkadang kita pada zaman sekarang ini merasa bahwa eranya sudah habis. Penemuan-penemuan bombastis sudah tak sesporadis dulu.
-----------Era kita mungkin tak kalah hebat, coba siapa yang bisa datangkan Newton ke zaman sekarang. Ia mungkin akan terkaget-kaget melihat benda buatan manusia yang bernama pesawat bisa mengelilingi bumi hanya beberapa hari saja.  Apalagi kalau ia tahu bahwa yang digunakan adalah hukum-hukumnya, mungkin ia bisa jatuh pingsan. Apalagi Archimedes, ia yang hidup di jaman sebelum masehi mungkin akan jantungan melihat kapal selam buatan manusia sekarang bisa berselancar berjam-jam bahkan bermil-mil jauhnya, belum lagi torpedonya yang bisa menghancurkan karang-karang dengan akurasi tinggi. Bahkan mungkin ia akan frustasi mendekati gila ketika tahu bahwa teknologi itu dikembangkan dari formula-formulanya.
-----------Kehebatan masa lalu memang patut untuk dikenang dan diperbincangkan sebagai barometer kemajuan. Ia merupakan bagian dari sejarah kejayaan peradaban manusia. Seperti halnya diri kita, kejayaan di masa lampau akan menunjukkan betapa hebatnya ‘diriku’ waktu itu. Seolah para pelaku-pelaku jaman sekarang sudah tak sehebat dahulu. Tetapi hati-hati, terkadang ‘selalu’ melihat masa lalu dapat menjadi indikator betapa lemahnya kita di saat sekarang. Masa lalu dijadikan tambalan atas kekurangan-kekurangannya di masa kini.
Hanya menuntut untuk bijak, bahwa masa lalu adalah cerita dan masa sekarang adalah realita. Memperlakukan cerita sebagai runtutan dari realita sekarang nampaknya akan membuat kita tak tampak lemah di hadapan Tuhan, karena itu pertanda kita adalah hamba yang pandai bermuhasabah.



                                                                                                             
                                                                                                       By : Ziqinium (Sobat DEPJURIKIM)

Seminar Ilmiah

(02/03) Depjurikim MIPA Tak banyak mahasiswa yang mendapat kesempatan untuk dapat hadir pada Seminar Ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Partomuan Simanjutak M.Sc dengan judul Potensi Mikroba Endofit Sebagai Penghasil Senyawa Kimia Untuk Obat. Prof Partomuan menyampaikan salah satu ide ato gagasan yang mendasari menggunakan Mikroba Endofit sebagai penghasil senyawa kimia untuk Obat karena Tumbuhan Obat itu sendiri merupakan the supply dilema yang artinya penyebaran tumbuhan obat ini sedikit, pertumbuhannya lama dan kandungan yang digunakan untuk obat hanya mencapai 0,2 %. Oleh karena itu digunakan media mikroba dengan harapan, senyawa kimia untuk obat ini dapat di produksi dalam jumlah yang banyak, cepat serta lebih efisien waktu. Berdasarkan sumber info dari jurnal karya Stierle A et al tahun 1993 menyebutkan jika kelompok taksan dapat sebagai obat anti kanker yaitu karena adanya kandungan taksol salah satunya ada pada senyawa diterpenoid. Dan penelitian kali ini menggunakan mikroba endofit jenis Taxus sp yaitu Taxomyces andreanae. Pada interaksi yang terjadi maka mikroba akan berasosiasi dengan jaringan tanaman dan mengalami simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) dalam dua proses yang terjadi yaitu biosintesis dan biotranformasi sehingga dapat menghasilkan senyawa kimia untuk obat.
mengutip kata bijak dari
D.Parlman 1979 "Microorganisme can (will)do anything."
                Dari seminar Ilmiah yang disampaikan diatas mengenai sangat bergunanya mikroba yang mungkin diantara kita masih ada yang berpikir jika dia(mikroba) tidak ada manfaatnya atau hanya menebarkan penyakit(bakteri dan virus) ternyata dibalik ke mikroannya(tak dapat dipandang kasat mata) dia memberikan manfaat dengan menghasilkan senyawa taksol yang berpotensi untuk anti kanker. Luar Biasa! Belajarlah dari mikroba yang dapat mengerjakan apa saja dan memberikan banyak manfaat. Mulai sekarang! Merasa irilah sama mikroba, biar kecil namun penuh manfaat. Jadilah dirimu lebih dari mikroba, tampak....dan lihat potensimu untuk dikembangkan dan menjadi manfaat bagi orang lain.
                                                                                                               By Crew DEPJURIKIM

Untuk postingan pertama kali ini, mau bahas mengenai acara pertandindan Futsal yang berlangsung kemaren tanggal 10 maret 2012 tepat pada pukul 14.00 WITA. Jadi kemaren tepatnya dilapangan Futsal Centro telah terjadi perhelatan yang cukup spektakuler antara Prodi Kimia Vs Statistika dalam acara ACCES (Acociation of Computer Science Student). Acara ACCES tersebut diselanggarakan oleh kawan-kawan kita dari prodi Ilkom yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kesinergisitasan antar Prodi.
Dalam ajang ini Tim Futsal dari Kimia menyabet Juara 4, dimana prestasi tersebut menurun dari tahun lalu yang mampu menjadi juara utama. Hmmm.. kira-kira apa sih yang menyebabkan menurunnya prestasi teman-teman kita dari tim futsal? Berikut komentar dari Viktor Kimia 09 yang berhasil di wawancarai.
"Ya harus disiplin waktu, soalnya tadi juga ada yang telat. Dan perlu kekompakan Tim. Mungkin juga karena gak ada Bang Niko 07 selaku manager, jadi gak ada yang mengatur para pemain. Trus juga kurangnya suporter, makanya kurang semangat.. hehehe.."
Temen-temen kimia udah liat kan komentarnya. Salah satunya kurangnya semangat.. Nah.. buat temen-temen kimia semua lain kali kalo ada pertandingan Futsal, yang gak sibuk, yang cuma bengong doang di kos/rumah mendingan nonton deh, kasih semangat buat tim futsal kita. Sapa tau bisa jadi juara 1 kembali.. hehehe.. :D
Sekian Informasi yang dapat kita berikan.. Salam Kimia.

Kata-kata Bijak:
Kekalahan bukan akhir segalanya,
Dari kekalahan lah kita belajar rasa gigih
Dan berupaya jauh lebih baik lagi.. :)

Sabtu, 10 Maret 2012

HIMAKIM

Apa sih HIMAKIM itu?? Jadi HIMAKIM itu singkatan dari Himpunan Mahasiswa Kimia. HIMAKIM yang kalian baca sekarang ini terletak di Samarinda tepatnya di FMIPA UNIVERSITAS MULAWARMAN salah satu Universitas Negeri di kalimantan timur.
Mau cerita sedikit tentang asal-asul terciptanya HIMAKIM sendiri. Begini Sejarah HIMAKIM kita...^_^
HIMAKIM FMIPA UNMUL berdiri pada tanggal 19 Oktober 2001, HIMAKIM hadir sebagai organisasi yang menampung aspirasi pengembangan bakat, kreativitas dan keprofesian selain itu HIMAKIM Mahasiswa Kimia ini bertujuan untuk menggalang persatuan dan kerjasama antar mahasiswa dalam mengembangkan profesi guna meningkatkan kualitas dan profesionalitas sumber daya mahasiswa Kimia. Dalam mewujudkan tujuan dan harapan HIMAKIM hadirlah Departemen-departemen yang menyokong kokohnya HIMAKIM dalam satu visi dan misi yaitu Departemen KPSDM,Kemahasiswaan,Minat & Bakat,Eksternal & Internal, Informasi & Jurnalistik, Riset & Keilmuan. Semua bersinergi dalam mewujudkan HIMAKIM yang satu, kompak dengan asas kekeluargaan. Jaya HIMAKIM dengan setinggi cita-citamu, beranilah menjadi PEMIMPI BESAR karena nantinya kau akan jadi PEMIMPIN BESAR! Hidup Mahasiswa